Tips Memotret Di Malam Hari Via Smartphone Android

0

Tips Memotret Di Malam Hari Via Smartphone Android – Memotret untuk mengambil foto pemandangan di waktu malam dengan menggunakan sebuah ponsel Android tidaklah mudah, dan kebanyakan foto yang dihasilkan tidaklah maksimal. Hal itu disebabkan pencahayaan yang minim atau spesifikasi kamera yang tidak mendukung.

Dan umumnya mereka menyiasati hal itu dengan mengggunakan flash sebagai solusi atas kurangnya pencahayaan saat memotret. Namun, pemakaian flash belum tentu memuaskan, bahkan jika kurang tepat malah akan membuat hasil foto tidak karuan. Jadi, penggunaan flash belum bisa dikatakn sebagai solusi terbaik.

Tips Memotret Di Malam Hari Via Smartphone Android

Lihat juga :

Nah, kali ini kami akan memberikan sejumlah tips untuk memotret di malam hari dengan menggunakan smartphone Android, sebagaimana informasi dari Make Tech Easier: ya.. selain menggunakan aplikasi kamera terbaik, ada hal yang mungkin akan berguna untuk kamu ketahui.

 

Tips Bermanfaat Memotret Di Malam Hari Via Smartphone Android

 

1. Modus HDR

Tips yang pertama yaitu mengaktifkan modus High Dynamic Range atau disingkat dengan HDR. Modus HDR ini berfungsi menggabungkan tiga exposure, sehingga sudut paling terang dan sudut paling gelap dapat terlihat lebih jelas. Kamu juga bisa mengatur jarak dan angle yang tepat dan terbaik supaya hasil foto tidak terlalu gelap.

Cara mengaktifkan modus HDR yaitu: tekan opsi “Mode”, lalu kamu pilih “HDR”. Dan perlu di ketahui bahwa modus HDR di sebagian smartphone Android bisa langsung tampil ketika kamera terbuka. Namun sayang, ukuran file foto High Dynamic Range relatif lebih gede daripada ukuran file foto biasa.

2. Self Timer

Tips yang kedua yaitu menggunakan self timer. Memotret dengan memakai self timer di malam hari bahkan di siang hari merupakan ide baik yang cerdas. Hal itu di karenakan self timer membantu menentukan angle yang tepat dan baik, bahkan membantu menghindari hasil foto yang blur.

Ada baiknya, kamu memakai waktu mundur 5 detik atau 10 detik. Waktu ini merupakan waktu yang tepat dan paling cocok untuk mencari posisi foto tanpa harus kelamaan menunggu.

3. Modus Pro

Tips yang ketiga yaitu menggunakan modus pro. Caranya kamu tekan opsi “Mode” di kamera Android, lalu kamu pilih opsi “Pro”.

Fungsi modus pro adalah mengatur pencahayaan secara manual. Jadi, bagi kamu yang tahu konsep dasar fotografi, kami sarankan gunakanlah modus pro ini, atur dan sesuaikan dan cekrek, hasil foto kamu cakep. Karya yang berharga. Pasti kamu terpuaskan.

4. Tingkatkan ISO

Tips yang keempat adalah meningkatkan ISO. ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. So, semakin tinggi ISO kamera, maka semakin cerah pula hasil jepretannya. Begitu pun sebaliknya.

Jika smartphone Android kamu memungkinkan untuk mengatur ISO, maka sebaiknya kamu setting ke angka 400 supaya menghasilkan gambar foto lebih cerah tanpa flash.

Namun yang perlu kamu ingat, bahwa jika cahaya terlalu minim, maka hasil foto akan terlihat berbintik dan juga pecah. Sebaliknya, jika cahaya terlalu banyak, maka hasil foto akan over-exposure.

Selanjutnya, jika setelah kamu meningkatkan ISO tapi foto masih terlihat buram, maka mungkin saja kamu mengaktifkan modus Anti-Shake dan HDR. Jadi, matikan dua fitur tersebut, maka foto akan terlihat normal.

5. Cahaya Sekitar

Tips terakhir yaitu menggunakan cahaya di sekitar. Jadi, jika kamu kesulitan saat memotret di malam hari, maka gunakanlah sumber cahaya yang ada di sekitar, bisa kamu gunakan lampu jalan, lampu sepeda, lampu mobil, dan yang lain yang memungkinkan gambar yang ingin kamu jepret bisa terkena cahaya.

Demikianlah tips memotret di malam hari via smartphone Android. Kami persilahkan di coba. Semoga sukses.

Leave A Reply

Your email address will not be published.