Tips Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh

0

Tips Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh – Perangkat lunak smartphone sudah jadi alat yang selalu dipegang tangan orang. Smartphone adalah ponsel pintar yang digunakan untuk banyak kegiatan, mulai menulis dan membalas pesan, menelpon, memotret, menonton video, film, sampai mengetik tugas, baik sekolah ataupun kantor.

Namun masalahnya, fungsi smartphone yang sebanyak itu sering terkendala baterai yang mudah habis. Dan pada akhirnya ponsel meminta untuk dicolokkan berulang kali ke charger untuk diisi. Dan pastinya hal itu tidak dapat dilakukan sepanjang waktu, dan tentu mengganggu kegiatan kamu. Semisal sedang online untuk mencari tugas sekolah tiba-tiba baterai lemah, atau ketika lagi seru-serunya menonton film tiba-tiba baterai habis, maka kamu memerlukan pengisian baterai yang cepat.

Tips Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh

Baca juga:

Untuk itu, kamu wajib melakukan metode pengisian daya baterai yang tepat, agar baterai cepat terisi dan kamu bisa segera meneruskan kegiatan.

Dan berikut ini merupakan cara yang harus kamu perhatikan guna mempercepat isi baterai smartphone Android kamu

Cara Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh

 

  • Charger Kuat

Iya, kamu bisa mengisi baterai smartphone dengan menggunakan charger yang lebih kuat sehingga lebih cepat dalam pengisian daya baterai. Contohnya coba isi baterai iPhone 6 dengan memakai charger tablet iPad.

Kedua charger perangkat tersebut itu jelas tidak sama, walau pun dari terbuat dari produk yang sama yaitu Apple. Charger iPhone 6 lebih lemah dengan output 1A(5W), dan charger iPad lebih kuat dengan output mencapai 2,1A(12W).

Perhatian

Tidak semua perangkat lunak smartphone Android bisa menggunakan metode pengisian ini. Sebab ada ponsel yang bisa menyerap lebih banyak daya dari charger dan terisi dengan cepat. Ada juga ponsel yang hanya dapat mengambil daya sesuai dengan output charger.

Namun tidak usah risau, karena smartphone sekarang ini tidak akan mudah rusak jika diisi charger dengan arus yang lebih besar dari charger asli. Hal itu disebabkan karena sebuah ponsel cuma akan menyerap arus listrik dengan ukuran yang mampu ditanganinya saja.

  • Kabel USB terbaik

Yupz, ciuuss. Gunakanlah kabel USB yang paling baik, karena kualitas kabel USB ternyata mempunyai pengaruh dalam pengisian daya baterai Smartphone. Ini penting walaupun terlihat sepele.

So, gunakanlah kabel USB bawaan ponsel atau kabel asli dari paket smartphone yang kamu beli. Atau bisa juga sebagai alternatif kamu bisa menggunakan USB berkualitas dari produk brand yang terpercaya.

Ciri kabel USB murah, umumnya terbuat dengan tipis dan tidak terlalu baik dalam menghantarkan daya, dan logam yang digunakan juga berkualitas rendah dan tidak mampu menangani arus listrik dengan daya tinggi.

  • Matikan smartphone

Dalam keadaan smartphone menyala meskipun tidak digunakan, ada aplikasi yang tetap berjalan di background, meskipun aplikasi itu kecil, tetap saja kinerjanya menyedot daya dan menghambat proses pengisian daya baterai. So, matikanlah smartphone kamu jika sedang di charge.

Ketika smartphone kamu matikan maka semua aplikasi juga ikut mati. Dan pengisian daya baterai pun tersalurkan dengan cepat dan tepat, terkumpul dan terisi dengan singkat.

Namun sebagai alternatif jika kamu tidak ingin mematikan ponsel, kamu bisa menggunakan Airplane Mode. Mode ini berfungsi menghentikan transmisi sinyal seluler dan Wi-Fi yang jelas telah menyedot daya baterai.

  • Jangan isi lewat port USB komputer

Sebaiknya tidak mengisi daya menggunakan port USB komputer, dikarenakan Output daya dari port USB komputer lebih rendah, sekitar 0,1A hingga 0,5A dibanding dengan output charger ponsel. Artinya, kecepatan pengisian daya lebih rendah dibandingkan dengan charger ponsel. Walaupun kamu sedang terburu-buru, tetaplah gunakan charger bawaan smartphone.

Namun perlu kamu tahu bahwa port USB di komputer yang telah didukung intrerface USB 3.0 mampu menyalurkan arus sebesar 1A sehingga bisa menjadi alternatif untuk mengisi daya ponsel dengan waktu lumayan singkat, atau setidaknya sama dengan charger asli ponsel.

  • Jangan Sentuh Ponsel

Jangan sentuh ponsel ketika kamu mengisi daya baterainya, diamkan ponsel kamu. Tahanlah nafsumu untuk mengecek ponsel. Menahan masa jomblo saja kamu kuat, masak cuma menahan cek ponsel kamu nggak tahan? Hua hua hua…. ya, kecuali ada perkara mendesak untuk menggunakan smartphone kamu. Silahkan saja gunakan sebentar.

Hal itu perlu kamu lakukan karena ketika mengecek ponsel maka layar akan menyala, dan pastinya menguras daya baterai.

Selain jangan mengecek ponsel, jangan juga mengisi daya baterai sambil membuka aplikasi berat semisal mendownload aplikasi, menonton film, atau bermain games.

Demikianlah beberapa Tips Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh. Semoga berguna. Wassalam.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.