Tips Merawat dan Menjaga Smartphone dengan Benar

0

Tips Merawat dan Menjaga Smartphone – Sebenarnya tidaklah semua smartphone itu mudah rusak,  bahkan ada beberapa yang bertahan 3 – 5 tahun, tergantung dari cara pemakaian.

Perawatan smartphone sebenarnya tidaklah sulit, tapi kemungkinan hanyalah ketidaktahuan saja, karena pastinya anda sangat sayang pada smartphone anda.

Oleh karenanya bagi anda yang tidak ingin bergonta-ganti smartphone anda bisa merawat dan menjaga smartphone milik anda agar anda tetap bisa memiliki smartphone tersebiut hingga bertahun-tahun.

Tips merawat smartphone android

Lihat juga :

Meskipun harga smartphone terkadang ikut andil dalam keawetan sebuah smartphone namun dengan menjaga smartphone dengan baik, smartphone anda juga akan awet seperti smartphone dengan harga mahal.

Tips ini adalah sebuah kebiasaan yang mudah anda lakukan, anda cukup mengubah kebiasaan anda dalam menggunakan smartphone anda. selengkapnya berikut adalah bagaimana cara yang benar merawat smartphone.

 

Tips merawat dan menjaga smartphone agar awet dan tahan lama

 

Matikan HP

Matikan ponsel jika tidak dipakai, hal itu dilakukan karena berguna untuk mendinginkan bagian-bagian komponen elektrik yang ada di smartphone, terlebih ram dan processor.

 

Restart HP

Restart ini perlu dilakukan setelah pemakaian penuh dengan tujuan untuk merefresh jaringan sistem operasi smartphone, sehingga perjalanan setiap aplikasi dapat lebih normal.

 

Scan HP

Saat ponsel anda berat untuk menjalankan aplikasi itu kemungkinannya karena ram penuh, karena itulah anda perlu membersihkan ram dengan cara scanning, dan hapus dulu aplikasi yang sedang berjalan sebelum scanning untuk menormalisasikan ram.

Perbaharui Aplikasi

Memperbaharui aplikasi merupakan kewajiban, karena aplikasi selalu diupdate setiap saat.

Anti virus dan Update

Gunakanlah anti virus di smartphone anda, untuk menjaganya agar tidak terkena virus, yang bisa masuk lewat jaringan internet, aplikasi ataupun file.

Dan Updatelah anti virus minimal 3 hari sekali.

 

Unistall Aplikasi

Mempunyai banyak aplikasi memang dirasa penting, namun itu dapat menimbulkan pemborosan baterai dan memperberat smartphone, karena itulah hapus beberapa aplikasi yang jarang dipakai atau bahkan sudah tidak dipakai.

Anti gores

diantara bagian terpenting smartphone adalah layar, karena aktivitas touching yang kita lakukan pastinya diatas layar, untuk itu sisihkan uang anda untuk melindungi layar dari goresan dengan membeli lapisan anti gores.


Charger Asli

Menggunakan charger bawaan pabrikan sangat dianjurkan bahkan wajib hukumnya, karena asumsi daya listrik yang masuk ke baterai telah disesuaikan dari pabrikan. Hindari menggunakan charger beda merek agar tidak ada efek samping bagi baterai.

 

Jangan bermain game

Kebanyakan dan terlalu sering bermain game di smartphone tidaklah baik, baik itu game online android ataupun game offline akan memberikan dampak pada pengguna android ataupun pada smartphone itu sendiri. bahkan terlalu sering bermain game bisa menimbulkan kerusakan pada komponen ponsel. Jadi, bukannya tidak boleh main game, namun maksud kami adalah jangan terlalu sering ngegame.

 

Bersihkan HP

Bersihkanlah debu pada smartphone anda karena debu bisa menghambat kinerja ponsel, dan hp cepat panas. So, bersihkanlah smartphone anda dengan tisu misalnya, dan jangan menggunakan air, berbahaya.

Demikianlah beberapa tips yang wajib diketahui oleh para pengguna smartphone Android agar tetap awet dan tahan lama. Sekian, terimakasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.