Tips Optimalkan Google Play Store di Smartphone Android

0

Tips Optimalkan Google Play Store di Smartphone Android

Google play store adalah aplikasi yang sangat penting bagi para pengguna Android, karena di aplikasi inilah mereka bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi yang diperlukannya.

Google play store merupakan toko aplikasi dari Google yang menyediakan berbagai bentuk aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Android untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja ponsel pintarnya.

Baca juga:

Ingin Jago Android? Baca 11 Tips Ini…

Cashtree Kini Tak Cuma Bagi Pulsa Gratis Tapi Juga Hadiah Umroh

Download Aplikasi Facebook Android Terbaru Apk Oktober 2017

Tips Optimalkan Google Play Store
Tips Optimalkan Google Play Store

Untuk itulah, mari kita perhatikan tips dan trik optimalkan Google play store agar pengguna Android lebih kaya pengalaman dalam mengakses toko aplikasi Android itu.

Nah, inilah tips optimalkan Google play store sebagai toko penyedia aplikasi terbesar bagi perangkat Android sebagaimana yang dikutip dari Make Use Of:

  • Cari Aplikasi berdasar Pengembang

Umumnya para pemilik Android akan mencari sebuah aplikasi berdasarkan namanya, namun tak ada salahnya mencari aplikasi berdasarkan pengembangnya.

Caranya: ketik pub: (nama pengembang) di kolom pencarian. So, dijamin kamu akan bertambah ilmu dan pengalaman menjelajahi toko aplikasi Google play store.

  • Coba Aplikasi versi Beta

Melalui kolom “Early Acces”, pihak Google memberikan kesempatan untuk uji coba aplikasi yang belum dirilis secara utuh bagi pengguna smartphone Android.

So, kamu bisa menjajal macam – macam aplikasi yang masih dalam pengembangan. Lumayan lah bisa mencicipi lebih dulu walau biasanya masih ada kendala teknis karena memang belum sepenuhnya sempurna.

Caranya, buka saja kolom Early Acces yang ada di halaman depan Google Play Store disamping kolom – kolom yang lain, Editor’s Choice misalnya.

  • Atur Aplikasi Baru yang tampil di Layar Home

Tampilnya shortcut di halaman depan (layar Home) dari sebuah aplikasi yang baru saja terpasang sangat memudahkan aksesnya, namun tidak semua pengguna Android suka.

Nah, kamu harus tahu bahwa Google memberikan solusi atas hal itu, yakni melakukan pengaturan fitur tersebut dengan cara menghapus centang di opsi Add icon to Home Screen yang terdapat di menu Setting di Google play store.

  • Cek Aplikasi yang pernah diinstall

Karena seringnya bongkar pasang aplikasi di Android, pengguna Android kerap lupa aplikasi apa saja yang pernah di install di ponselnya.

So, untuk mengetahuinya, pengguna Android bisa cek jejak aplikasi yang pernah mereka install tersebut, yaitu dengan cara membuka menu “My App & Games”, lalu pilih “Library” yang berada di kolom paling kanan. Kolom itu akan menampilkan semua aplikasi apa saja yang pernah didownload.

  • Matikan Fitur Auto Update

Menonaktifkan fitur Auto Update perlu kamu lakukan jika tidak ingin tidak lagi ada pembaruan otomatis sebuah aplikasi yang terpasang di smartphone Android, sebab pembaruan otomatis itu tentu akan menguras kuota internet yang cukup besar.

Untungnya, pihak Google telah memberikan kelonggaran untuk bisa mematikan fitur auto update itu, agar pengguna Android bisa mengatur aplikasi apa saja yang dia perbolehkan melakukan pembaruan otomatis.

Caranya: pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan pembaruan otomatisnya, lalu buka tombol yang ada di kanan atas, selanjutnya hapuslah centang di opsi Auto Update.

Demikianlah Tips Optimalkan Google Play Store di Smartphone Android. Selamat mencoba. TERIMAKASIH.

Leave A Reply

Your email address will not be published.