Cara Mengatasi Layar Monitor LCD Berkedip & Mengetahui Penyebabnya

Cara Mengatasi Layar Monitor LCD Berkedip & Mengetahui Penyebabnya

384
0

Dibandingkan dengan display yang lebih tua, monitor LCD adalah solusi berbiaya rendah dan berdaya rendah yang sangat baik untuk kebutuhan kita akan display komputer. Sayangnya, beberapa setting monitor bisa membuat layar LCD tampak berkedip. untuki itu bagi anda yang mengalami masalah monitor lcd anda ada baiknya anda baca tentang cara mengatasi layar monitor lcd berkedip ini.

Monitor LCD berkedip lebih dari sekedar gangguan. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan mata, sakit kepala, dan sejumlah penyakit lainnya, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer Anda. Beruntung, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menghentikan kedip dan menghindari masalah ini. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara menghentikan monitor LCD Anda dari berkedip.

cara mengatasi layar monitor lcd berkedip dan penyebabnya

Baca juga :
Cara Burning CD, DVD, dan Blu-ray Disc di Windows 7, 8, 10
Defrag Tool Terbaik untuk Windows yang Perlu Anda Ketahui
Apakah BIOS Perlu di Update? Begini cara Menentukannya
5 Tips / Cara Mengatasi Layar HP Smartphone Bermasalah

Cara Mengatasi Layar Monitor LCD Berkedip Dan Apa Penyebab nya

Untuk cara mengatasi layar monitor lcd berkedip ini ada beberapa faktor yang perlu diketahui salah satunya adalah dengan mengetahui sebabnya.  Meskipun monitor komputer Anda mungkin tampak sebagai gambar diam saat tidak ada yang menggunakannya, sebenarnya monitor Anda terus diperbarui.

Sama seperti strip film hanyalah sekumpulan gambar statis yang ditampilkan dengan cepat, monitor Anda akan diperbarui dengan kecepatan tinggi agar terlihat seperti benda bergerak dengan mulus di layar.

Mengetahui  satuan Hertz pada monitor

Tingkat update monitor Anda diukur dengan Hertz. Satu Hertz sama dengan satu siklus per detik. Jika monitor Anda disetel untuk mengupdate dengan kecepatan 100 Hertz, maka refresh 100 kali per detik. Hertz yang digunakan untuk mengukur tingkat penyegaran monitor mirip dengan Gigahertz yang digunakan untuk mengukur kecepatan CPU Anda, kecuali bahwa Gigahertz adalah ukuran yang dinyatakan dalam miliaran siklus per detik.

Jika tingkat penyegaran pada monitor LCD Anda disetel terlalu rendah, ini mungkin tampak berkedip-kedip karena tidak ada cukup pembaruan per detik. Sementara beberapa orang merasa nyaman dengan sekitar 30 Hertz, yang lainnya dapat melihat kerlip dan memerlukan refresh rate yang lebih tinggi. Tingkat penyegaran yang paling umum adalah 60 Hertz.

 

Cara Mengatur Refresh Rate untuk Monitor LCD

Kecepatan refresh yang dapat Anda atur untuk monitor LCD Anda sangat ditentukan oleh kemampuan monitor Anda. Sementara beberapa monitor LCD dapat memanfaatkan beberapa tingkat penyegaran yang berbeda, yang lainnya terbatas hanya satu atau dua.

Untuk memilih refresh rate baru untuk monitor LCD Anda di Windows, mulailah dengan mengklik Start> Control Panel> Appearance and Personalilization> Display . Jika Anda menggunakan Windows 8 atau 10, cukup klik kanan pada tombol Start dan pilih Control Panel. Jika Anda berada dalam tampilan ikon, Anda dapat mengklik langsung Display .

cara mengatasi layar monitor lcd berkedip

Di sisi kiri jendela, klik Change Display Settings .

cara refresh monitor windows

Akhirnya, klik pada Advanced Settings di kanan bawah jendela.

cara menghentikan layar monitor berkedip

Klik pada tab Monitor dan Anda akan melihat beberapa hal.

Langkah Mengatur Refresh Rate untuk Monitor LCD

Pertama, perhatikan setting berlabel Screen Refresh Rate . Ini adalah refresh rate saat ini untuk monitor LCD Anda. Klik menu drop down dan Windows akan menampilkan semua refresh rates yang mungkin untuk monitor Anda.

penyebab layar monitor berkedip

Kemungkinan monitor Anda hanya bisa menggunakan satu atau dua refresh rate. Beberapa produsen membangun monitor yang bisa menampilkan dari 30 Hertz sampai 200 Hertz. Biasanya, monitor dengan refresh rate yang lebih tinggi akan lebih mahal. Tingkat penyegaran yang umum untuk monitor game adalah 144 Hertz. Jika harga monitor tampak terlalu murah untuk Anda, itu mungkin karena memiliki refresh rate yang rendah. Misalnya, beberapa monitor baru yang harganya murah, tapi refresh ratenya hanya 30 Hertz, yang bisa membuat semuanya terlihat berombak di layar.

 

Dari sini, Anda bisa mencoba refresh rate yang lebih tinggi dan melihat apakah berkedip berhenti. Biasanya ini triknya. Jika tidak bekerja atau hanya ada satu refresh rate yang tercantum, ada dua hal yang bisa Anda coba.

 

Pertama, pastikan Anda menggunakan driver terbaru untuk monitor LCD Anda. Jika driver sudah usang atau Windows menggunakan driver generik, jumlah refresh rates yang tersedia mungkin terbatas. Kunjungi situs web produsen dan download driver terbaru untuk versi Windows Anda.

Bagaimana jika tidak berhasil?

Jika itu tidak berhasil, Anda dapat memaksa Windows untuk menggunakan refresh rate yang tidak didukung secara teknis oleh monitor. Hati-hati, karena mungkin untuk merusak perangkat keras monitor Anda jika Anda melakukan ini.

Pada tab Monitor yang ditunjukkan di atas, ada pilihan yang dicentang secara default bernama Hide Mode yang tidak dapat dipantau oleh Monitor ini . Dengan menghapus centang opsi ini, Anda dapat memaksa Windows untuk menggunakan refresh rate apapun untuk monitor yang Anda inginkan.

Perhatikan bahwa tepat di bawah opsi ini, Windows memperingatkan Anda tentang tampilan yang tidak dapat digunakan atau rusak. Hapus tanda centang pada opsi ini dan tetapkan monitor Anda ke tingkat penyegaran yang tidak didukung dengan risiko Anda sendiri. Bergantung pada versi Windows Anda, opsi ini mungkin berwarna abu-abu, yang berarti Anda hanya dapat memilih dari refresh rates yang tercantum di dalam kotak.

Cara mengatasi Layar LCD berkedip pada Mac

cara mengatasi layar monitor lcd berkedip pada Mac OS X, Anda bisa masuk ke System Preferences dan klik Display . Di sini Anda dapat mengubah refresh rate untuk tampilan eksternal yang terhubung ke Mac Anda.

cara mengatasi layar monitor LCD berkedip pada Mac

Lihat juga :
Penyebab Layar Biru (Blue Screen) di Laptop Windows
Cara Screenshot di Laptop Windows Tanpa Software Tambahan
Cara memblokir Iklan youtube di PC dan Hp Android

 

Mengetahui Penyebab Layar LDC berkedip

Jika mengubah refresh rate tidak memperbaiki kedip di layar, hal itu mungkin terkait dengan faktor lainnya. Berikut adalah daftar barang lain yang harus Anda periksa:

 

Kabel

Jika bisa, ganti kabel yang menghubungkan monitor Anda ke komputer Anda. Dalam beberapa kasus, kabel yang rusak dapat menyebabkan sinyal pecah saat dikirim melintasi kabel.

Input Port

Solusi lain adalah dengan menggunakan port yang berbeda pada monitor, jika memungkinkan. Misalnya, jika Anda terhubung menggunakan HDMI, coba DVI atau DisplayPort atau VGA dan lihat apakah itu memperbaiki masalahnya. 

Lingkungan

Selain masalah perangkat keras, medan elektromagnetik juga dapat menyebabkan masalah layar yang berkedip-kedip. Jika ada yang lain dicolokkan ke strip daya yang sama seperti pemanas, kipas angin, dan lain-lain, coba keluarkan.

Video Card

Jika ada masalah dengan kartu video Anda, ini jelas akan mempengaruhi output di layar. Perbarui driver dan buka komputer Anda untuk memastikan kartu video terpasang dengan benar di slotnya.

Monitor

Terakhir, monitor itu sendiri bisa rusak atau rusak. Coba hubungkan monitor ke komputer lain untuk melihat apakah masalahnya hilang atau tidak.

Mudah-mudahan langkah-langkah cara mengatasi layar monitor lcd berkedip di atas akan membantu Anda mencari tahu apa yang menyebabkan masalah pada monitor Anda.

LEAVE A REPLY