WiFi Umum via Smartphone Rentan dari Peretasan

0

WiFi umum kini sudah banyak tersedia di berbagai tempat. Penggunaan jaringan WiFi semakin mudah dinikmati. Internet gratis WiFi sangat digemari oleh pengguna Android. Bagaimana tidak? Internet gratis gitu lho? He he he…

Iya, internet gartis dari WiFi memang sungguh menggembirakan. Namun pengguna smartphone banyak yang belum menyadari jika menggunakan WiFi melalui smartphone cukup rentan dari peretasan oleh hacker.

Baca juga:

Keunggulan Fitur Android Yang Tidak Ada di iOS

Cara Mengakses WiFi Tanpa Perlu Memasukkan Password

wifi umum via smartphone rentan dari peretasan

So, para pengguna Android harus waspada untuk menghindari peretasan yang tidak diinginkan.

Ketika para pengguna Android menggunakan internet gratis WiFi umum melalui smartphone mereka harus memperhatikan hal berikut ini:

  • Hindari WiFi Umum

Asyiknya menggunakan jaringan gratis WiFi umum sebenarnya memiliki bahaya bagi smartphone yang digunakan mengaksesnya. Jadi, kalian harus waspada dan berhati- hati ketika mengakses WiFi tersebut, karena ada celah yang dapat didudupi oleh para peretas.

  • Matikan Bluetooth

Bluetooth yang diminta dinyalakan ketika kalian mengakses internet WiFi umum sangat rentan disusupi oleh peretas. Para hacker bisa saja mengirim spam atau virus melalui bluetooth itu. So, matikan bluetooth itu sesegera mungkin dan jangan dibiarkan menyala terlalu lama. Virus yang dikirim bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk merekam aktivitas yang ada di Android.

  • Tidak menyimpan password

Jika kaliam menggunakan peramban atau juga aplikasi untuk membuka situs dengan koneksi WiFi umum, kalian tentu diminta untuk log in. Jadi, ketika ada permintaan save password kalian abaikan saja. Artinya password yang kalian pakai untuk log in jangan kalian simpan. Dan ketika selesai kaliam harus log out untuk keluar dari aplikasi yang kalian buka. Hal itu diperlukan untuk mencegah adanya kemungkinan password kalian dicuri sewaktu menggunakan WiFi umum.

  • Pakai VPN

Menggunakan VPN banyak memiliki keuntungan ketika mengakses WiFi umum, yaitu bisa membuka situs yang diblokir dan keamanan yang jauh lebih baik.

Kalian bisa memanfaatkan bantuan aplikasi gratis untuk menggunakan VPN. Contoh: aplikasi DroidVPN atau Hotspot Shield.

  • Hapus riwayat penelusuran

Menghapus history internet perlu kalian lakukan walaupun terlihat itu hanya hal yang sepele. Ketika kalian membuka situs, semua aktifitas jelajah otomatis terlacak oleh browser. Oleh sebab itu, kalian harus menghapus history atau riwayat penelusuran di browser.

Itulah informasi tentang bahaya WiFi Umum via Smartphone yang Rentan dari Peretasan Agar kalian lebih waspada. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.