Wow, Inilah 12 Fitur Terbaru Android Oreo

0

Wow, Inilah 12 Fitur Terbaru Android Oreo

Sesuai prediksi, Google akhirnya meresmikan nama sistem operasi Android O sebagai ” Android Oreo 8.0″. Google telah resmi mengumumkan Oreo sebagai nama sistem operasi (OS) Android 8.0 via live streaming di New York, Amerika Serikat. Uniknya peresmian ini bersamaan dengan momentum Gerhana Matahari Total yang terjadi pada Senin (21/8/2017) malam.

Nama “Oreo” sendiri telah tercium sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017 pada Mei 2017 lalu. Nama Oreo sesuai kriteria nama camilan yang sudah menjadi kebiasaan Google ketika memberi nama Android selama ini.

android oreo
Foto: CNET

Android Oreo saat ini masih tersedia untuk pengujian atau masih dalam tahap developer preview. Itu artinya, sebagian fitur Android Oreo sudah dapat dicoba. Bahkan, perangkat Android bisa dipastikan akan menerima pembaruan ke OS Oreo pada tahun ini.

Nah, Kamu pasti penasaran dengan Android Oreo. Kira-kira fitur terbaru apa saja yang ada di Android Oreo?

Berikut fitur-fitur terbaru Android Oreo:

  1. Emoji Baru

Desain emoji Android Oreo terlihat lebih cartoonish dari Android sebelumnya, yakni Android Nougat.

  1. Picture in Picture (PiP)

Mode ini bisa kamu gunakan untuk melakukan video call sambil melihat video di Chrome. Mode Picture in Picture (PiP) ini bisa kamu aktifkan dengan cara tap tombol Home ketika video diputar dalam mode full-screen.

  1. App Shortcuts lebih sempurna

Tampilan shortcut di Android Oreo telah disempurnakan dibandingkan dengan Android Nougat. Kamu dapat mengakses widget aplikasi dari menu shortcut.

  1. Menu Settings Lebih Simpel

Settings dikategori ulang, di mana menu slide out di buang.

  1. Teks Cerdas

Android O bisa mengidentifikasi sesuatu yang penting, semisal alamat atau nomor telepon. Tap dua kali teks untuk meng-highlight apa yang akan kamu copy, atau pakai app shortcuts di sebelah tombol Copy untuk mempercepat interaksi.

  1. Sistem Keamanan Baru

Google telah meningkatkan sistem keamanan di Android Oreo. Pilih Settings> Security, kamu akan menemukan seberapa sering aplikasi dipindai dan kapan terakhir aplikasi dipindai.

  1. Auto-enable Wi-Fi

Secara otomatis, Android Oreo bisa mengaktifkan Wi-Fi yang nonaktif ketika kamu berada di dekat jaringan Wi-Fi aman, semisal jaringan di rumah.

  1. Setting Baterai Lebih Rinci

Statistik penggunaan baterai di Android Oreo lebih detail. Baik itu penggunaan aktif atau aktivitas aplikasi di background, semua terlihat.

  1. Notification Dots

Notification Dots akan muncul di ikon aplikasi ketika ada alert yang belum terbuka. Fitur ini bisa kamu nonaktifkan jika tidak suka.

  1. Ikon Aplikasi Bisa Disesuaikan

Ikon aplikasi bisa kamu sesuaikan tanpa harus memasang launcher. Ada 4 pilihan, yaitu: Square, Rounded square, Squircle, dan Teardrop.

Temukan settingnya dengan cara menekan home screen sedikit lama, lalu pilih Settings.

  1. Menunda Pemberitahuan

Android Oreo bisa menunda pemberitahuan dengan cara men-swipe dengan cepat dan mengetuknya.

Jika ada pesan teks atau email yang akan kamu lihat nanti, gesek ke kanan pada pemberitahuan hingga terlihat ikon jam. Tap pada jam, lalu pilih jumlah waktu tunda yang kamu inginkan.

  1. Autofill API

Aplikasi-aplikasi bisa mendaftar sebagai penyedia autofill dengan sistem yang bisa mempermudah pengguna untuk login. Setelah pengguna memilih penyedia autofill di pengaturan bahasa dan input, Android Oreo akan meminta rincian login dari aplikasi itu, kapan pun dibutuhkan.

Sistem ini juga bisa memverifikasi dengan pemindai sidik jari atau metode unlock yang aman, sebelum memuat data akun.

Demikianlah 12 fitur terbaru Android Oreo yang baru saja diluncurkan senin lalu. Semoga bermanfaat sebagai informasi tambahan bagi kalian. Selesai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.