Wow, Produk Terbaru Google Untuk Indonesia

0

Wow, Produk Terbaru Google Untuk Indonesia

Pada ajang Google for Indonesia pada Kamis (24/8/2017) di Jakarta, Google membawa layanan-layanan baru yang khusus untuk Indonesia.

Layanan tersebut bertujuan agar internet menjadi lebih bermanfaat dan juga relevan bagi orang Indonesia. Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen mengungkapka bahwa tujuan Google membuat teknologi tidak Cuma untuk segelintir orang, namun untuk semua orang.

Produk Terbaru Google Untuk Indonesia

“Kami ingin semua orang terhubung dengan secara online dan mendapat banyak manfaat dari internet, seperti saya dan Anda,” kata Keusgen.

Google akan melakukan tiga hal di Indonesia, yaitu memudahkan akses informasi yang relevan dan positif, memberikan barmacam cara supaya internet bermanfaat, dan memberikan akses internet yang baik.

Berikut beragam produk dan layanan Google untuk Indonesia:

  1. Google Station.

Google Station adalah hotspot Wi-Fi yang cepat, aman, dan mudah. Menurut rencanan, Google Station akan hadir tahun 2017 ini di berbagai lokasi di Jawa dan Bali. Program ini pertama kali dilakukan di India di 200 stasiun kereta api, dan berhasil membuat 15.000 warga India bisa ikut merasakan akses internet untuk pertama kalinya.

Google akan menggandeng rekanan lokal, yaitu perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar untuk menghadirkan WiFi gratis tersebut. Google bagian mengelola kualitas koneksi WiFi memakai berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyiapkan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Google mengklaim akan melakukan monetisasi pada Google Station agar bisa dihadirkan secara berkelanjutan di berbagai daerah lainnya di Tanah Air.

  1. Google Assistant berbahasa Indonesia.

Aplikasi Google Assistant akan bisa bicara dan memahami bahasa Indonesia. Pemilik smartphone Android dapat mencobanya memakai aplikasi tersebut atau saat menggunakannya via layanan chatting Allo.

Pemahaman mesin Google pada bahasa Indonesia bisa dilihat dari rekomendasi stiker yang tampil ketika kamu menulis obrolan dalam Allo. Sebagaimana rekomendasi yang muncul ketika menulis dalam bahasa Inggris.

Selain itu ketika kamu meminta Google Assistant untuk mencari informasi tertentu di kolom obrolan. Kamu tidak perlu lagi memakai bahasa Inggris, bisa dengan bahasa Indonesia. Contohnya, “@google: cari restoran indonesia di dekat sini,” maka Allo akan menampilkan jawaban hasil penelusuran internet dengan akurat di kolom obrolan Allo.

  1. Penyempurnaan Google Search

Aplikasi Google Search akan disempurnakan dan semaiki relevan untuk orang Indonesia. Terutama dengan adanya Shortcut yang bisa di-tap untuk menjelajahi topik pilihan kamu dengan lebih detail.

  1. Pembaruan fitur Feed

Selain itu, fitur Feed juga akan diperbarui menjadi lebih sesuai dan relevan dengan apa yang disukai pengguna di Indonesia. Contohnya terkait topik favorit, hobi, dan berita yang lagi tren di Google App. Semua berkat machine learning yang diterapkan Google.

  1. YouTube Go

Google juga akan meluncurkan aplikasi smartphone yaitu YouTube Go. Youtube Go adalah versi YouTube yang sudah didesain secara khusus untuk memberikan akses menonton video dengan lebih hemat data. Dengan aplikasi YouTube Go ini, pemakai smartphone dapat menonton preview video dulu dan memilih ukuran file video, sebelum ia menyimpannya secara offline untuk ditonton nanti.

  1. Fitur rute ganjil genap di Waze

Terakhir dan cukup bermanfaat adalah penambahan fitur rute ganjil genap di aplikasi navigasi perjalanan, Waze. Dengan tambahan fitur ini, pengemudi bisa melihat navigasi rute sesuai dengan pelat nomor kendaraannya, dan pengemudi bisa mematuhi peraturan dan juga memiliki opsi rute yang relevan.

Demikianlah Produk terbaru Google untuk Indonesia yang layak kita tunggu bersama. Sukses.

Leave A Reply

Your email address will not be published.